Kuliner Khas Indonesia Yang Wajib Kamu Coba

Selamat sore semua, berjumpa lagi bersama saya di I-Magz-Bahas tuntas seluruh keragaman budaya Indonesia. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai kuliner khas nusantara yang wajib banget kamu coba. Saya sendiri belum mencoba semuanya hanya beberapa yang sudah saya coba. tetapi melihat gambarnya saja sudah bisa terbayangkan rasanya sedap sekali, bisa lebih lezat dari makanan luar negeri seperti fast food seperti pizza, dan lain-lain. disini saya akan membagikan sedikit informasi mengenai beberapa kuliner khias nusantara yang wajib anda coba. berikut adalah beberapa kuliner/makanan tersebut.

1. Mie Aceh

Mie Aceh

Dari namanya saja sudah tahu kita sudah tahu darimana makanan ini berasal, yaitu dari Aceh. Mie Aceh sudah banyak dijual di mana-mana bahkan di seluruh indonesia sudah terdapat warung mi Aceh bahkan sudah ada di mancanegara. biasanya dalam satu porsi terdapat mie besar, timun, kerupuk, kol, tomat, cabai, dan bahan tambahan lainnya satu porsi bisa berkisar antara Rp. 8. 000-Rp. 15. 000 Rupiah.

2. Rendang

Rendang

Rendang adalah salah satu kuliner khas daerah Sumatera barat tepatnya di kota padang, rendang identik dengan pedas, rendang terdiri dari daging ayam atau bisa juga sapi dengan santan. Pada tahun 2011, rendang dinobatkan sebagai hidangan peringkat pertama dalam daftar World’s 50 Most Delicious Foods (50 Hidangan Terlezat Dunia) yang digelar oleh CNN International.

3. Bika Ambon

Bika Ambon

Berbeda dengan mie aceh yang asalnya sama dengan namanya, Bika Ambon bukanlah dari Ambon melainkan dari Sumatera Utara ( Medan). Kini Bika ambon menjadi oleh-oleh wajib dari Medan.

4. Gulai Belacan

Gulai Belacan

salah satu masakan khas dari Riau, gulai ini dibuat dengan kuah campuran belacan atau terasi. Bahannya biasanya memakai udang atau ikan.

5. Otak-Otak

Otak-Otak

Otak-Otak merupakan kuliner khas Kepulauan Riau-Tanjung pinang dan penyengat. Makanan ini terdiri dari daging ikan atau daging cumi-cumi yang dibungkus menggunakan daun pisang lalu dibakar diatas bara api.

6. Pempek

Pempek

Pempek adalah makanan yang sudah sangat populer di masyarakat Indonesia. saat ini sudah banyak warung-warung atau kedai dan rumah makan yang menjual pempek, ada berbagai macam jenis pempek diantaranya pempek kapal selam, bola dll.

7. Seruit

Seruit

Seruit adalah makanan khas lampung yang terdiri dari ikan yang digoreng dicampur dengan sambal terasi.

8. Kerak telor

Kerak telor

Kerak telor adalah makanan asli daerah Jakarta (Betawi), dengan bahan-bahan beras ketan putih, telur ayam, ebi (udang kering yang diasinkan) yang disangrai kering ditambah bawang merah goreng, lalu diberi bumbu yang dihaluskan berupa kelapa sangrai, cabai merah, kencur, jahe, merica butiran, garam dan gula pasir.

9. Gudeg

Gudeg

Gudeg (bahasa Jawa gudheg) adalah makanan khas Yogyakarta dan Jawa Tengah yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan. Perlu waktu berjam-jam untuk membuat masakan ini. Warna coklat biasanya dihasilkan oleh daun jati yang dimasak bersamaan. Gudeg dimakan dengan nasi dan disajikan dengan kuah santan kental (areh), ayam kampung, telur, tahu dan sambal goreng krecek

10. Ayam Betutu

Ayam Betutu

Ayam Betutu adalah lauk yang terbuat dari ayam yang utuh yang berisi bumbu, kemudian dipanggang dalam api sekam. Betutu ini telah dikenal di seluruh kabupaten di Bali. Salah satu produsen betutu adalah desa Melinggih, kecamatam payangan kabupaten Gianyar. Ayam betutu juga merupakan makanan khas Gilimanuk. Betutu digunakan sebagai sajian pada upacara keagamaan dan upacara adat serta sebagai hidangan dan di jual. Konsumennya tidak hanya masyarakat Bali tapi juga tamu manca negara yang datang ke Bali, khususnya pada tempat-tempat tertentu seperti di hotel dan rumah makan/restoran. Betutu tidak tahan disimpan lama.

Bagaimana sobat I-Magz. sudah lebih mengenali kuliner khas indonesia, jangan kuliner lear negeri saja yang dipahami tetapi negeri sendiri juga dong.

Terima kasih telah membaca artikel saya. jangan lupaselalu ikuti I-Magz, atau join Site I-Magz untuk terus mendapatkan artikel terbaru dari i-Magz. Terimakasih telah membaca artikel saya.

Jika anda rasa artikel ini bermanfaat atau berguna anda bisa share ke teman-teman anda untuk membuktikan kayanya Indonesia.
Salam Indonesia.

Share this

Related Posts

Previous
Newer Post Prev Post »