10 Danau Terluas di Indonesia

10 Danau Terluas Di Indonesia-Selamat Sore sobat I-Magz, selamat berbuka puasa. Pada sore kali ini saya akan membahas mengenai 10 Danau terluas yang ada di Indonesia.

Danau merupakan genangan air yang amat luas yang dikelilingi oleh daratan di sekitarnya. Danau memiliki banyak manfaat bag masyarakat salah satunya yaitu sebagai objek wisata, namun ada juga danau yang digunakan sebagai Perusahaan Listrik Tenaga Air (PLTA). Danau terbentuk dari gempa Vulkanik ataupun tektonik, namun ada juga danau buatan yaitu danau yang sengaja dibuat oleh manusia ontuk keperluan khusus. Indonesia sebagai negara kepulauan pastinya memiliki banyak danau- danau besar dan luas yang indah, sebagian besar danau di Indonesia kini sudah menjadi objek wisata yang mendunia salah satunya adalah danau Toba yang merupakan danau terluas di Indonesia dan di Asia Tenggara.

Berikut adalah 10 Danau Terluas di indonesia.

1. Danau Toba




Danau terluas yang pertama ialah danau Toba yang terletak di provinsi Sumatera Utara, di tengah -tengah danau toba ini terdapat sebuah pulau kecil yang bernama pulau Samosir yang terbentuk akibat letusan vulkanik. Diperkirakan danau Toba terbentuk akibat letusan gunung berapi pada 75. 000 tahun yang lalu yang merupakan letusan gunung berapi paling super (super volcano). Danau toba memiliki luas1. 130 Km2 dengan kedalaman 529 M ini menjadi Danau terluas di Indonesia dan Asian Tenggara.

2. Danau Towuti




Danau Towuti merupakan danau terluas kedua di Indonesia yang terletak di pulau sulawesi tepatnya di Provinsi Sulawesi selatan, danau ini memiliki luas 561, 1Km2 dengan kedalaman 203 M. danau ini terbentuk akibat aktivitas tektonik yang terjadi antara 1 juta-4 juta tahun yang lalu. Danau ini merupakan salah satu danau purba atau danau tertua di dunia.

3. Danau Poso




Danau Poso juga terletak di Pulau sulawesi, provinsi Sulawesi selatan tepatnya di Kabupaten poso. Danau ini juga termasuk sebagai dana purba/ danau tertua di Dunia dengan Danau towuti, danau Matano, Danau Kaspia dan 8 danau lainnya. Danau poso memiliki luas 323, 2Km2 dengan kedalaman 450 M, ini sudah menjadi objek wisata dan termasuk sebagai danau terindah di dunia.

4. Danau Sentarum




Danau Sentarum merupakan danau musiman yang hanya dipenuhi air selama 10 Bulan pada setiap tahunnya lalu 2 bulan selanjutnya air akan surut sehingga hanya terlihat seperti kolam-kolam ikan kecil, danau Sentarum terletak di Provinsi kalimantan barat dengan luas 275Km2 dan memiliki kedalaman sekitar 8 M. Danau sentarum merupakan danau terluas ke 4 di Indonesia.

5. Danau Matano




Danau Matano merupakan danau terdalam di Indonesia dan Asia Tenggara. Danau ini terletak di pulau Sulawesi, tepatnya di provinsi sulawesi selatan. Danau dengan luas 164, 1 Km dengan kedalaman 590 m ini terbentuk akibat patahan tektonik pada masa pleoson. Kini Danau ini sudah sangat terkenal dan banyak dikunjungi wisatawan baik dalam negeri maupun mancanegara.

6. Danau Jempang




Danau Jempang terletak di provinsi Kalimantan Timur, tepatnya di Kabupaten Kutai Barat. Danau ini memiliki luas 150Km2 dengan kedalaman 6M. Danau Jempang termasuk kedalam jenis danau foodplain

7. Danau Paniai




Danau Paniai terletak di Provinsi Papua tepatnya di Kabupaten Paniai, Danau Paniai ini memiliki luas sekitar 145km2 dengan kedalaman 50M dan termasuk jenis danau tektonik. saat ini danau Paniai sangat populer, terlebih dikalangan masyarakat Indonesia dan juga menjadi objek wisata dunia.

8. Danau Rombebai




Danau Rombebai merupakan danau terbesar kedua di Papua setelah danau Sentani. Danau ini memiliki luas 137, 2km2. danau ini tergolong ke jenis danau foodplain. foodplain adalah danau yang terbentuk akibat sungai-sungai yang banjir dan menutupi daratan, biasanya danau foodplain kedalamannya tidak terlalu dalam.

9. Danau Tempe




Danau Tempe terletak di Kabupaten Wajo, sulawesi selatan tepatnya di Kecamatan Tempe. Danau Tempe memiliki luas 130km2 dengan kedalaman 5m danau ini termasuk jenis danau Tektonik

10. Danau Semayang




Danau Semayang juga termasuk jenis danau foodplain, Danau ini terletak di Kabupaten Kutai Kartanegara. danau dengan luas 130km2 dan kedalaman 6 m ini memiliki beragam jenis ikan yang terdapat di dalamnya sehingga menarik wisatawan dari berbagai belahan dunia.

10 Danau tersebut merupakan danau-danau yang sudah diminati para wisatawan baik dalam negeri maupun mancanegara. namun sangat disayangkan masi terdapat banyak sampah-sampah di danau akibat ulah manusia tidak bertanggung jawab yang membuang sampah sembarangan.

Nah, bagaimana sobat I-Magz sudah bertambahkah ilmu mengenai danau-danau diatas. Semoga artikel ini dapat membantu sobat I-Magz Terimakasih telah membaca artikel ini dan jangan lupa share artikel ini jika sobat rasa artikel ini bermanfaat, dan share artikel ini agar seluruh orang tahu betapa kayanya Indonesia

Salam Indonesia

Share this

Related Posts

Previous
Newer Post Prev Post »

2 comments

comments
Anonymous
June 21, 2016 at 1:39 AM delete

yg paling familiar danau toba ya mas, yg lainnya saya bru tau. hehe
salam kenal mas amin :)

Reply
avatar