Mengulas Keragaman Kota Batam

Setelah sebelumnya saya telah mengulas keragaman kota indramayu, dan kali ini kita beralih ke kota Batam.

Siapa yang tak kenal dengan kota Batam, kota kecil yang terletak di dekat singapura ini merupakan salah satu kota padat penduduk di Indonesia. Bagaimana tidak padat kotanya saja kecil namun meskipun kecil kota batam kini sudah diminati banyak wisatawan khususnya wisatawan dari singapura yang letaknya tak jauh dari kota Batam.

Namun sebelumnya saya ingin mengucapkan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa bagi seluruh Umat Muslim.

Jika dilihat dari peta kota Batam memang terlihat sangat kecil, namun kota Batam termasuk sebagai kota terbesar di kepulauan riau. Batam juga termasuk sebagai kota terbesar ketiga di pulau sumatera sebelum Kota Mmedan, dan Palembang. Sebelumnya saya sudah membahas keunikan-keunikan Kota Batam, dan kali ini saya akan mengulas keragaman kota Batam, dimulai dari Budaya, Adat, Tempat Wisata, Tempat bersejarah, Dll.


Tempat Wisata Kota Batam


1. Pantai Tanjung Pinggir

Pantai Tanjung Pinggir

Pantai ini terletak di daerah sekupang, Batam Pantai ini terlihat sangat indah dengan warna pasir putih dipadu ombak biru yang tenang. Di pantai ini Sobat bisa melihat kemegahan gedung-gedung menjulang singapura dari pinggir pantai ini. di hari biasa memang pantai ini tidak terlalu ramai, namun pada hari libur /weekend sobat dapat merasakan penuhnya pantai tersebut. disini sobat bisa melihat lalu-lalang kapal-kapal baik industri maupun kapal penumpang karena jaraknya tak teralu jauh dari pelabuhan sekupang.

2. Pantai Melur

Pantai Melur

Pantai ini terletak tak jauh dari pusat kota batam, jaraknya sekitar 45 km di sebelah selatan pulau batam. pantai ini sangat cocok untuk menikmati akhir pekan anda. disini sobat bisa bersantai sambil melihat pemandangan matahari terbenam dengan ombak dan pasir putih. pantai ini sangat cocok bagi anda yang suka berenang di laut karena disini anda bisa berenang sekitar 500M ke tengah dengan aman.

3. Pantai Nongsa

Pantai Nongsa

Pantai batam terletak di daerah selatan pulau batam, tepatnya di kecamatan Nongsa, Batam. Pantai ini sangat diminati banyak wisatawan baik dalam negeri maupun mancanegara. disini anda bisa melakukan berbagai aktivitas menyenangkan mulai dari berjemur, bermain bola, berenang, dll.

4. Pantai Sembulang

Pantai Sembulang

Jika di pantai melur anda bisa melihat matahari terbenam dengan indah, di pantai sembulang anda bisa menikmati indahnya matahari terbit dengan langit kemerahan dipadu laut biru dan pasir putih, dan ditemani angin sepoi-sepoi yang indah. Pantai ini terletak di pulau rempang jaraknya sekitar 75km dari pusat kota. Untuk menuju pantai ini anda harus melewati jembatan barelang yang menjadi icon kota Batam

5. Pantai Telunjuk

Pantai Telunjuk

Pantai telunjuk ini biasa disebut Pantai pasir bergerak oleh penduduk setempat, hal ini dekarenakan pasir di pantainya yang terlihat seperti bergerak. kadang terlihat menyempit atau memanjang ke dasar laut. Pergerakan ini disebabkan adanya pengaruh pasang surut air laut.

Objek Wisata


1. Jembatan Barelang

Jembatan Barelang

jika sobat pernah berkunjung atau berlibur ke Batam. Sobat pasti tahu dengan jembatan Barelang.Tak ada satupun orang batam yang tidak tahu jembatan barelang. jembatan ini menjadi icon/lambang kota batam, jembatan ini terdiri dari 6 jembatan yang menghubungkan beberapa pulau. Barelang sendiri diambil dari nama Batam. Rempang, dan Galang. setiap jembatan memiliki nama-nama sendiri yang diambil dari nama-nama pahlawan atau tokoh-tokoh yang berpengaruh di kota Batam atau Kepri.

2. Kampung Vietnam

Kampung Vietnam

Kampung Vietnam terletak di pulau galang. Kampung ini dulunya adalah tempat tinggal orang-orang vietnam pada tahun 1970 yang menyelamatkan diri dari vietnam akibat perang saudara di Vietnam para penduduk disana dikenal dengan nama Manusia perahu, di sana anda bisa melihat bangunan-bangunan bekas penduduk vietnam mulai dari masjid, gereja, kuburan, museum, jembatan, pagoda, rumah sakit hingga sekolah. Disana juga terdapat repllika kapal yang digunakan orang-orang vietnam berlayar ke Indonesia. selain itu banyak terdapat juga barang-barang yang mereka gunakan seperti telepon, radio, dll yang disimpan di museum.

3. Bukit Senyum

Bukit Senyum

jika sobat ingin melihat keadaan kota batam pada malam hari, Sobat bisa datang ke bukit senyum. Di sobat bisa melihat gemerlap lampu dan lalu-lalang kendaraan pada malam hari dari atas bukit. Selain itu anda juga bisa melihat lampu gedung-gedung tinggi kota singapura yang indah juga lalu lintas pesawat yang akan mendara

Bagaimana sobat I-Magz. sekarang anda tinggal pilih anda ingin pergi ke tempat yang mana. Terima kasih telah membaca artikel saya. jangan lupaselalu ikuti I-Magz, atau join Site I-magz untuk terus mendapatkan artikel terbaru dari i-Magz. Terimakasih telah membaca artikel saya.

Jika anda rasa artikel ini bermanfaat atau berguna anda bisa share ke teman-teman anda untuk membuktikan kayanya Indonesia.
Sekali lagi saya ucapkan selamat menunaikan Ibadah Puasa bagi umat islam.

Salam Indonesia.

Share this

Related Posts

Previous
Newer Post Prev Post »